Wednesday, June 1, 2016

Tips Kesehatan - Rambut Rontok? Gunakan 3 Cara alami untuk mengatasinya!


Cara mengurangi rambut rontok yang dilakukan dengan menggunakan bahan alami akan lebih baik jika dibandingkan dengan menggunakan bahan lain, yang mungkin mengandung obat kimia. Obat kimia bisa memang dapat bekerja dengan cepat, namun terkadang terdapat efek samping yang bisa membahayakan bagi kesehatan kulit kepala, atau di bagian lain dari kepala. Kerontokan pada rambut bisa disebabkan oleh berbagai hal, misalnya saja sakit. Penderita sakit tertentu yang disertai dengan keadaan demam tinggi dapat membuat rambut penderita rontok dan bahkan botak. Sakit typus, lupus dan juga diabetes, merupakan penyakit yang dapat memicu kerontokan rambut.



Mengurangi Rambut Rontok Dengan Mengetahui Penyebabnya
Kerontokan pada rambut umumnya disebabkan oleh beberapa hal yang dapat membuat akar rambut menjadi rapuh sehingga berujung pada kerontokan. Berikut ini adalah 3 hal yang dapat menyebabkan kerontokan pada rambut yang umum terjadi agar Anda tahu cara mengurangi rambut rontok.
  1. Sakit
Beberapa penyakit dapat menyebabkan kerontokan pada rambut. Penyakit yang sering membuat rambut Anda rontok biasanya penyakit yang disertai dengan demam tinggi seperti lupus, typus dan juga diabetes.
  1. Stres
Stres sering dirasakan banyak orang, dan ini juga dapat menjadi pemicu rambut rontok. Namun setelah Anda mengerti, maka Anda dapat mengurangi rambut rontok dengan tepat. Ketika seseorang menderita stres, maka beberapa hormon pada tubuh tidak berfungsi secara maksimal. Dan ini juga terjadi pada hormon yang terdapat pada rambut, sehingga tidak ada produksi rambut baru yang menggantikan kerontokan yang terjadi. Padahal rambut rontok memang normal terjadi asalkan berada pada jumlah normal yaitu kurang dari 100 helai.
  1. Keturunan
Faktor keturunan juga merupakan penyebab adanya kerontokan pada rambut. Cara mengurangi rambut rontok karena hal ini bisa diatasi dengan mencegah kebotakan.

Mengobati Rambut Rontok
Untuk mengobati rambut rontok, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Berikut ini adalah 4 cara mengatasinya.
  1. Dengan menggunakan lidah buaya
Tanaman yang tidak memiliki ranting dan daun ini mengandung banyak vitamin dan juga mineral. Kedua zat ini sangat bermanfaat untuk menyuburkan rambut dan memperbaiki pertumbuhan rambut. Cara mengurangi rambut rontok dengan menggunakan lidah buaya ini dapat dilakukan dengan mengoleskan lendir pada lidah buaya lakukan 15 menit sebelum Anda keramas.
  1. Pepaya
Tips mengurangi kerontokan rambut selanjutnya dapat dilakukan dengan menggunakan buah pepaya. Buah pepaya memiliki kandungan beberapa vitamin yang juga bermanfaat untuk rambut yang rontok. Gunakan buah pepaya sebagai cara mengurangi rambut rontok ini untuk masker pada rambut Anda setelah rambut dibasahi. Kemudian bilaslah hingga bersih dengan menggunakan air dingin.
  1. Teh hijau
Teh hijau mengandung anti oksidan yang berfungsi sebagai penguat rambut dan mencegah kerontokan. Selain itu teh hijau juga dapat menyehatkan rambut yang berada pada kondisi rusak. Cara penggunaannya sangat mudah, rendamlah teh hijau dalam semalam, kemudian gunakan pada rambut sambil dilakukan pemijatan.
Tips mengurangi rambut rontok di atas dapat Anda lakukan setiap hari, kecuali pada pemaskeran rambut. Karena melakukan pemaskeran terlalu sering juga tidak bagus untuk rambut Anda. Dalam melakukan pemaskeran, dilakukan 1 kali dalam seminggu sudah cukup. Sebelum mengatasi kerontokan pada rambut, sebaiknya Anda mengenali terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab terjadinya kerontokan pada rambut Anda, sehingga Anda dapat mengobatinya secara tepat dan cepat.

0 comments:

Post a Comment